Cara memilih bakalan burung branjangan yang baik ini diambil dari seorang teman yang sudah berpengalaman memelihara branjangan dan ditambah sedikit dari sana sini. Tips memilih branjangan ini semoga dapat menjawab pertanyaan selama ini atau mudah dalam memilih bakalan.

Perlu diketahui sebelumnya, branjangan yang sudah jadi tidak semata mata karena bakalan yang bagus saat dibeli atau baru ditangkap, tapi lebih banyak tentukan oleh perawatan yang akan lakukan. Tentu saja perawatan yang berkelanjutan dan penuh kesabaran juga sering tanya sana sini. Itu kalau menurut penulis.

Tips Memilih Brajangan

Untuk sedikit membantu dalam memilih bakalan burung branjangan yang baik dapat dilihat dari bentuk fisik burung itu sendiri. Bentuk fisik yang menjadi pengamatan seperti mata bagus bersinar terang, paruh berhubungan dengan volume suara atau lagu, bentuk tubuh seperti tegap dan sehat.

Langkah awal memilih burung branjangan adalah jenis kelamin. Burung Brajangan yang bagus pilih berkelamin jantan. Walau suara dan lagu branjangan jantan dan betina hampir sama tapi Branjangan jantan lebih unggul dari stamina yaitu suara tidak putus. Belum bisa membedakan Brajangan jantan betina baca cara membedakan branjangan jantan atau betina.

Setelah memilih kelamin jantan baru lihat fisik burung secara keseluruhan mulai dari kepala sampai kaki

Berikut ciri-ciri atau cara memilih Branjangan yang baik

1. Bentuk Paruh

  • Bentuk paruh paruh besar tebal dan panjang dengan paruh atas lengkung sedikit atau bentuk paruh besar pendek, bentuk paruh seperti ini biasanya mempunyai volume suara baik dan kombinasi lagu yang baik ngerol dan nembak. Cuman perlu kesabaran melatih burung seperti ini karena butuh waktu lama tapi kalau sudah jadi biasanya paruh seperti ini mempunyai kelebihan diatas rata-rata.

 

  • Bentuk paruh panjang dan tipis, biasanya Branjangan paruh seperti ini mempunyai lagu ngerol nembak dan Kristal, tapi volume suara tidak tidak terlalu bagus pas-pasan dan lagu juga kurang jelas. Tapi burung seperti ini cepat jadi, tidak butuh waktu terlalu lama cocok bagi yang tidak sabar menunggu.

2. Bentuk Kepala
Pilih burung Branjangan dengan bentuk kepala besar dengan pangkal paruh lebar dan terlihat bentuk kotak. Branjangan bentuk kepala seperti ini biasanya cepat meniru suara masteran, boleh dicoba

3. Bentuk Hidung
Pilih burung Branjangan dengan lubang hidung kecil, dengan lubang memiliki nafas panjang jadi kalau membawakan lagu lama panjang, suara Kristal.

4. Bentuk Mata
Cari juga yang mempunyai mata penglihatan yang tajam besar melotot bersinar terang. Pokoknya kelihatan sehat dan tajam.

5. Bentuk Ekor
Pilih juga yang mempunyai ekor serasi, ekor panjang.Ekor juga harus rapi tidak kusut menyatu,  tidak terbuka atau berbentuk kipas. Burung seperti ini biasanya memiliki mental bagus dan tidak gampang kaget.

6. Bentuk Tubuh
Bentuk tubuh Branjangan yang baik adalah serasi kekar tapi tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil. Mempunyai dada bidang dan berdiri tegap. Burung seperti ini baik dan mental bagus.

7. Bentuk Kaki
Pada umumnya bentuk kaki burung yang baik adalah panjang dan kering.

Demikian semoga dapat membantu memilih bakalan burung Branjangan sebelum berangkat beli di toko burung atau dari penakaran.

Tinggalkan Balasan

Close Menu