Cara Membedakan Merpati jantan atau betina sebenarnya mudah terutama bagi yang sudah terbiasa merawat Merpati. Bagaimana yang belum terbiasa, jangan khawatir, kami akan tunjukkan terutama untuk pemula. Kalau penggemar Merpati sudah lama pasti bisa membedakan jantan atau betina.

Dapat membedakan jantan betina Merpati banyak gunanya, contohnya untuk budidaya ternak. Bagaimana mungkin merpati bisa mempunyai anak kalau tidak dengan pasangan dalam kandang penakaran. Guna lain membedakan jantan betina merpati adalah untuk lomba. Kalau yang jantan dilepas yang betina yang geplak. Jadi sangat penting mengetahui cara membedakan jantan atau betina.

baca juga: Cara Ternak Merpati

Merpati Jantan

Membedakan Merpati Jantan Atau Betina

1. Bisa dilihat dari bentuk badan
Merpati jantan bentuk badan lebih besar dari betina. Badannya juga lebih tegap dari betina, sedangkan merpati betina lebih kecil. Kalau ada dua Merpati jantan dan betina sangat terlihat perbedaannya.

2. Bisa dilihat dari suara
Merpati jantan suara lebih besar dari betina. Selain besar suara jantan juga lebih tebal atau ngebass dan bergema. Sedangkan suara Merpati betina lebih kecil dan lebih nyaring melengking.

3. Bisa dilihat dari bentuk muka
Merpati jantan bentuk muka lebih melebar sedangkan betina lebih kecil. Ada satu lagi beda Merpati jantan dengan betina dilihat dari muka yaitu betina mukanya lebih pipih.

4. Bisa dilihat dari tingkah laku
Kita bisa mengamati pergerakkan atau tingkah laku jantan dan betina. Pergerakan merpati jantan lebih lincah dan agresif sedangkan betina lebih lambat, kalem dan pasif.

5. Bisa dilihat dari terbang
Kalau ada dua burung Merpati lagi terbang, yang satu cepat yang satu lagi lambat kemungkinan Merpati tersebut berbeda kelamin. Yang cepat jantan dan yang lambat betina. Tapi perlu lebih teliti lagi mengamati bagian-bagian lain untuk memastikan jantan atau betina sebagaimana disebutkan poin diatas.

6. Homing
Homing merpati jantan biasa saja atau cenderung kurang sedangkan homing merpati betina sangat baik. Homing adalah bakat burung merpati untuk kembali ke kandangnya.

Ingin tahu cara meningkatkan homing Merpati biar juara di arena lomba dibawah ini

baca: Cara Meningkatkan Homing Merpati

Demikian tips dari kami cara membedakan merpati jantan atau betina. Sebenarnya masih ada cara lain cuman saya kurang yakin atau Andari bisa menambahkan dibawah ini, salam.

This Post Has One Comment

  1. good opinion

Tinggalkan Balasan

Close Menu