Bagaimana membedakan burung branjangan jantan atau betina?.Secara umum burung branjangan mempunyai ciri bulu pola batik coklat, kemerahan atau kekuningan atau lebih gelap. Ciri lain berjambul baik yang jantan atau betina. Burung jantan dan betina emang terlihat sangat sedikit perbedaannya, tapi kalau di lihat lebih teliti baru ketahuan bedanya.

Burung yang suka pada tempat kering dan sedikit agak gersang seperti di tanah kering, rumput, stepa, kawasan berbatu karang dan gunung pasir berasal dari benua Asia dan Afrika. Di Indonesia Branjangan tersebar di berbagai daerah seperti di daerah Jawa, Irian Jaya, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara dan Bali. Branjangan dari masing masing daerah mempunyai ciri sendiri – sendiri. Ingin tahu baca ciri ciri burung branjangan masing masing daerah.

Lalu apa perbedaan branjangan jantan dan betina ?

Brajangan Jantan

 

Beda Branjangan Jantan atau Betina adalah

Ciri-ciri Branjangan jantan dapat kita lihat dari warna tubuh coklat agak tajam dan bulu tebal. Terlihat juga warna paruh hitam berkilat. Kalau di gandeng dengan burung sejenis muncul jambul di kepala lebih panjang dan terlihat tegap.

Sedangkan kalau Branjangan betina warna bulu agak kusam. Tapi yang perlu hati hati adalah pada jambul. Branjangan betina juga mempunyai jambul hanya saja jambul branjangan betina lebih pendek dari branjangan jantan.

Dari segi suara baik jantan maupun betina mempunyai suara keras, namun suara betina terputus-putus dan kurang variasi.

Satu lagi untuk dapat melihat beda branjangan jantan betina yaitu dengan mengetahui kelamin yaitu dengan melihat paruh. Paruh branjangan jantan bagian bawah terlihat putih atau terang, sedangkan betina terlihat gelap, hitam atau coklat

Hanya itu yang dapat kami sampaikan cara atau beda burung branjangan jantan atau branjangan betina, kalau ada yang lain mohon di tambahkan. Semoga membantu dan salam.

Tinggalkan Balasan

Close Menu