Home » Peluang Usaha » 7 Cara Melihat Peluang Usaha Di Sekitar Kita

7 Cara Melihat Peluang Usaha Di Sekitar Kita

Cara melihat peluang usaha di sekitar kita adalah suatu bekal untuk memulai usaha. Sebuah kenyataan tidak terelakkan ketika memulai sebuah usaha adalah bagaimana melihat peluang dan memutuskan untuk mengambil peluang tersebut.

Banyak peluang usaha ada di sekitar kita, tetapi seringkali tidak terlihat. Tertutup oleh mata hati kita, yaitu oleh kecemasan, keraguan, ketidakpercayaan pada diri kita. Sehingga sumber daya tidak terlihat secara baik.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena kita merasa tidak mempunyai ‘apa-apa’ sehingga sumber daya yang ada dalam diri kita atau di sekeliling kita tidak terlihat.

Melihat Peluang Usaha

Ada 7 cara melihat peluang usaha di sekitar kita yang bisa jadi inspirasi untuk memulai usaha diantaranya sebagai berikut:

1. Peluang usaha dari hal yang tak terduga
2. Peluang usaha dari tidak keselarasan
3. Peluang usaha dari inovasi berdasarkan kebutuhan proses
4. Peluang usaha dari perubahan struktur industri / struktur pasar
5. Peluang usaha dari perubahan demografi
6. Peluang usaha dari perubahan persepsi, mood, dan makna
7. Peluang usaha dari pengetahuan baru

Dari 7 ide inspirasi diatas coba lihat masing-masing point dibawah ini.

Cara Melihat Peluang Usaha Dari Hal Tidak Terduga

Banyak hal merupakan sumber peluang usaha tidak terduga-duga. Kita dapat memahami bahwa walau manusia dapat merencanakan dengan baik tapi kemungkinan lain bisa terjadi diluar skenario kita.

Satu contoh positif, bahwa yang tidak terduga akan membawa peluang usaha atau mungkin inovasi.

Misalnya begini, Seseorang melakukan perjalanan ke luar kota mencari informasi mengenai cara mengatasi penyakit bawang daun di kebun mereka dan beberapa urusan lain. Berdasarkan cerita dari warga setempat, komoditi pertanian kami termasuk bawang mengalami penurunan rugi, kecuali hasil budidaya pepaya.

Produk pertanian mengalami penurunan kecuali pepaya, karena ada pepaya jenis baru yaitu Pepaya California (Calina). Karena pepaya ini masih baru rasanya manis disukai konsumen, cepat berbuah dan mudah perawatan. Tidak diduga dia menemukan satu peluang usaha baru, yaitu budidaya Pepaya California.

baca juga: Cara Budidaya Pepaya Secara Lengkap

Peluang Usaha Dari Tidak Keselarasan

Cara melihat peluang usaha tidak keselarasan antara harapan konsumen dengan produk/jasa. Tidak keselarasan adalah ada suatu rentang/gap antara yang seharusnya dengan yang terjadi.

Dalam usaha banyak sekali situasi menunjukkan tidak keselarasan.

Contoh Sepuluh tahun lalu, yang dapat naik pesawat terbang adalah mereka kelas atas saja. Setelah dilakukan deregulasi, dimana swasta dapat mengembangkan perusahaan jasa penerbangan, maka bermunculan berbagai maskapai penerbangan.

Peluang usahanya adalah; pertama, wilayah Indonesia sangat luas dan terdiri dari kepulauan, maka bisnis pada bidang perhubungan udara beserta turunan usahanya sangat menjanjikan.

Persoalannya adalah bagaimana masyarakat dapat menikmati layanan pesawat terbang dengan harga terjangkau? Muncullah maskapai penerbangan berorientasi pada kebutuhan dalam memberikan layanan dan bukan berorientasi pada kenikmatan.

Sehingga berbagai fasilitas di-pangkas demi efisiensi, seperti tidak disediakan makan, di bandara Soekarno Hatta tidak perlu menyewa ‘garba’ tetapi cukup jalan kaki atau naik bus.

Peluang Usaha Dari Inovasi Berdasarkan Kebutuhan Proses

Peluang usaha inovasi di sini menyempurnakan proses yang sudah ada, menggantikan satu mata rantai proses yang lemah, atau merancang kembali proses lama yang sudah ada.

Contoh, layanan satu atap yang terus diupayakan oleh pemerintah. Memangkas waktu untuk memperoleh ijin usaha di pusat atau di daerah. Kecepatan dalam memberikan ijin akan berdampak positif dengan jumlah investor dan penanam modal. Proses yang tidak perlu di-pangkas disederhanakan.

Peluang Usaha Perubahan Struktur Industri/Struktur Pasar

Peluang usaha perubahan struktur pasar, kita tahu waktu menjadi sangat berharga, maka konsep one stop service menjadi strategi bisnis yang banyak dilakukan oleh pelaku pasar.

Zaman dahulu belanja kebutuhan sehari-hari dari toko ke toko atau kios ke kios di pasar tradisional. Setelah itu lahir konsep mall atau plaza menyediakan ruang-ruang untuk seluruh kebutuhan manusia dari supermarket, peralatan elektronik, hiburan, sampai dengan layanan kebugaran dan kesehatan.

Sekarang ini lagi trend bisnis Startup, yaitu bisnis lewat online memanfaatkan kemajuan teknologi. Memenuhi kebutuhan sehari hari tidak lagi harus pergi ke pasar atau ke mall, bisa dipesan dari rumah.

Segala kebutuhan bisa didapat hanya dengan dengan bantuan komputer atau HP. Banyak sekali online shop di Indonesia seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee dan banyak lagi. Tidak hanya itu perusahaan jasa banyak menggunakan Starup Bisnis seperti jasa membuat rumah, jasa cuci, jasa kursus, edukasi dan lain lain.

Perubahan struktur pasar atau struktur industri ini yang bisa menjadi suatu peluang usaha.

baca juga: 10 Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

Cara Melihat Peluang Usaha dari Perubahan Demografi

Peluang usaha demografi didefinisikan sebagai perubahan penduduk. Perubahan bisa dari segi jumlah, struktur umur, komposisi, jenis pekerjaan, status penghasilan, status pendidikan.

Salah satu contoh; Masyarakat Indonesia makin hari angka harapan hidup bertambah seiring dengan kesehatan dan kemajuan bangsa. Angka harapan hidup Indonesia tahun 2019 wanita 76,65 tahun, sementara pria 73,03 tahun.

Dengan demikian manula di tahun-tahun akan datang jumlahnya akan makin banyak. Kebutuhan khusus manula tentu akan meningkat juga seperti layanan kesehatan beserta barang perawatan-nya. Peluang usaha itu yang harus diambil.

Demikian juga dengan struktur masyarakat Indonesia sekarang ini bergeser dari keluarga besar ke keluarga kecil yaitu 2 sampai 3 anak tiap keluarga. Hal ini juga peluang usaha pada bidang perumahan kecil. Persoalannya bagaimana membuat perumahan atau real estate dengan ukuran kecil dengan dana terjangkau di kota-kota besar.

Melihat Peluang Usaha Dari Segi Perubahan Persepsi, Mood, dan Makna

Peluang usaha perubahan persepsi merupakan sumber peluang inovasi. Seiring dengan meningkatnya sebagian daya beli masyarakat maka persoalan makan bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan primer saja.

Contoh, sebelumnya makan adalah kebutuhan untuk hidup tapi sebagian masyarakat sudah melihat makan menjadi gaya hidup dan wisata, sering disebut dengan wisata kuliner.

Orang sudah membutuhkan makan dengan suasana nyaman dan sekaligus tempat piknik. Maka dari itu di beberapa wilayah tumbuh rumah makan berkelas internasional atau menggunakan konsep alami dengan harga cukup mahal. Ini juga menjadi bagian dari cara melihat peluang usaha dari segi perubahan persepsi.

Contoh lain, konsep kecantikan wanita. Menurut persepsi wanita, wanita cantik adalah berkulit putih setidaknya sampai saat ini. Hal ini ditangkap oleh berbagai rumah kecantikan dengan memberikan layanan pemutih wajah dan berbagai paket perawatan tubuh. Tentu ini juga salah satu peluang usaha.

Cara Melihat Peluang Usaha Dari Segi Pengetahuan Baru

Cara melihat peluang usaha pengetahuan baru biasanya muncul dari perusahaan besar atau dari kampus dan sekolah yang melakukan pengembangan.

Banyak perusahaan mempunyai devisi penelitian dan pengembangan, secara terus menerus untuk menciptakan produk atau layanan baru. Pengembangan berdasarkan riset dan uji coba, tentu membutuhkan waktu lama dan biasa besar.

Contoh, kita semua tahu teknologi setiap saat berkembang. Dulu semua pekerjaan dilakukan manual seperti untuk membuat laporan, mengirim berita, edukasi, belanja. Setelah itu diciptakan komputer untuk menggantikan sebagian pekerjaan manual, setelah itu diciptakan Handphone.

Hp merupakan ciptaan teknologi ter-hebat sepanjang abad sampai saat ini, semuanya bisa digantikan oleh HP mulai dari mengirim berita, mendengar musik, nonton film, bahkan sekarang belanja.

Peluang usaha dari segi pengetahuan baru sangat hebat, coba kita lihat berikut ini, berapa banyak orang yang menggunakan komputer dan HP di seluruh dunia. Belum lagi bisnis turunannya, semua itu adalah peluang usaha.

Contoh lain cara melihat peluang usaha dari ilmu pengetahuan adalah di sekolah atau di kampus sering kita dengar mahasiswa menciptakan alat untuk mempermudah pekerjaan, atau alat untuk hemat energi atau menggantikan sumber energi baru.

Persoalannya bagaimana agar ciptaannya itu bisa bermanfaat dan punya daya saing di pasar agar bisa menjadi peluang usaha.

Demikian cara melihat peluang usaha di sekitar kita mulai dari usaha kecil sampai besar dari kami. Semoga artikel ini membantu dan meng-inspirasi pembaca setia usahakeras.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.