Cara import gambar dari Blogger ke WordPress bisa dilakukan dengan mudah. Kita hanya perlu beberapa langkah untuk mengerjakannya. Cara ini menggunakan Plugin Cache Images sudah tersedia di Direktori Plugin WordPress.

Impor gambar dari Blogger ke WordPress dengan arti memindahkan dari Blogger ke WordPress. Jika blog Anda baru saja migrasi dari Blogger ke WordPress kemungkinan besar permasalahan ini muncul. Kadang pindah dari Blogger, gambar masih menggunakan URL Blogspot.

Pada saat preview artikel, terlihat di tampilan WordPress ternyata URL gambar masih Blogspot dimana saat pertama kali kita upload gambar di Blogger.

Bagaimana cara cek gambar sudah ter-import ke WordPress atau belum?

Caranya bisa lihat di direktori WordPress seperti berikut:

Pergi ke Dasbor WordPress > Media > Pustaka

Disana tersimpan semua gambar dan video Blog WordPress. Jika tidak ada disana berarti tidak di host di WordPress. Kemungkinan masih di host pada Blogspot atau domain lain.

Bisa juga dilihat dengan cara begini

Lihat di Editor Post pilih salah satu posting yang baru saja di import, klik Teks. Contoh seperti ini

Import Gambar

terlihat URL gambar tersebut: http://1.bp.blogspot.com/–8f23V4SHXI/UkvYCuQOnzI/AAAAAAAAAOY/nzVkXl9eyyw/s1600/Hama%2BPenyakkit%2BBroiler.jpg

Ternyata gambar masih di host di Blogspot belum sepenuhnya selesai proses import ke WordPress. Tapi kondisi ini biasanya gambar tetap bisa tampil di dalam artikel.

Kalau begitu buat apa pindah?

Jawabannya kembali lagi ke Anda, ingin meneruskan pindah atau tidak?

Asumsinya seperti dibawah ini

Jika gambar masih di host di Blogspot kecepatan tampilan gambar di Blog WordPress akan lebih lambat dari URL gambar dengan domain yang sama. Tentu saja mempengaruhi kecepatan Web atau Blog itu sendiri, lebih lambat.

Tapi walaupun begitu juga mempunyai keuntungan jika menyimpan gambar pada host berbeda, bisa menghemat space hosting. Pilihan ini bisa diambil jika Anda menyewa penyimpanan hosting kecil atau sudah hampir habis.

Kalau kami menyarankan tetap pindahkan gambar ke domain yang sama karena kecepatan blog lebih penting.

Permasalahannya bagaimana kalau gambar posting sudah banyak mencapai ratusan tersebar disetiap artikel. Untuk upload ulang satu persatu dan memasang pada masing-masing artikel yang cocok menggunakan gambar tersebut tentu sangat melelahkan.

Maka dari itu ada solusi dengan Plugin Cache Images. Plugin ini tidak hanya bekerja untuk pindahkan gambar dari Blogspot ke WordPress saja tapi juga bisa bekerja pindahkan gambar dari URL atau domain lain selain Blogspot.

Cara kerja Plugin Cache Images yaitu akan scan seluruh gambar yang ada di blog. Setelah menemukan menyimpan di Pustaka Media WordPress. Langkah-langkahnya seperti berikut:

Cara Import Gambar dari Blogger ke WordPress dengan Plugin Cache Images

Install Plugin Cache Images dari Dasbor WordPress

Anda bisa install Plugin Cache Images langsung di Dasbor WordPress, klik Plugin < Tambahkan Baru

Pada kolom search box cari dengan kata kunci “Cache Images” selanjutnya Install dan Aktifkan. Setelah itu lanjutkan dari no. 3 seperti dibawah ini

Download dan Install Plugin Cache Images

Jika tidak ditemukan di Dasbor Plugin, download terlebih dulu Plugin Cache Images selanjutnya install dengan cara berikut:

1. Download Plugin Cache Images disini
2. Unggah Plugin.  Masuk ke Dasbor WordPress < Plugin < Unggah Plugin < Pilih File
3. Setelah plugin berhasil di Unggah, Install dan Aktifkan

Aktifkan Cache Images
4. Selanjutnya Setting dulu sesuai dengan kebutuhan masing-masing web
5. Selanjutnya klik Scanning
6. Klik Scan (including linked)

Scan Cache Images

Plugin akan mencari gambar apa saja yang di host diluar DomainAnda, dan akan ditampilkan berapa banyak gambar yang ditemukan

7. Selanjutnya klik tombol “Cache from this domain” untuk menyimpan gambar di DomainAnda. Disini ada pilihan boleh pindah atau tidak. Jika ada gambar yang tidak mau dipindahkan biarkan saja.

Tunggu proses pemindahan gambar dari Domain lain ke DomainAnda.

Sekarang lihat kembali ke pustaka pasti disana sudah banyak gambar yang tersimpan disana.

Permasalahan lain yang muncul jika baru pindah ke WordPress adalah mengatur kategori dan tag. Kadang kita ingin mengganti kategory ke tags atau sebaliknya. Masalah ini juga sangat mudah dilakukan.

baca: Mengganti Kategori Menjadi Tag Secara Masal Dengan Plugin

Demikian artikel kali ini cara import gambar dari Blogger ke WordPress atau dari URL berbeda dengan bantuan Plugin Cache Images.

This Post Has 2 Comments

  1. Wah mantap sekali min, artikel saya praktekkan dan bisa bekerja untuk situs blog saya.

    Terimakasih udah berbagi artikel bermanfaat ini.

Tinggalkan Balasan

Close Menu