Cara menghasilkan DOC ayam broiler kualitas baik sebetulnya mudah. Banyak keuntungan yang diraih dalam dalam usaha usaha budidaya ayam broiler. Keuntungan memelihara DOC kualitas antara lain, daya hidup tinggi, pertumbuhan berat badan lebih baik. Dengan ketiga aspek tersebut, broiler komersial berdampak terhadap nilai jual, karena biaya pakan lebih rendah, panen sesuai target.

Cara mengukur kualitas DOC bisa dari berat saat setelah menetas, panjang anak ayam, berat sisa kuning telur. Pengukuran kebersihan, kering, bebas dari kotoran dan kontaminasi, mata jernih berbinar, bebas dari cacat, pusar menutup lengkap dan bersih, tidak ada sisa kuning telur pada area pusar.

DOC Kualitas Baik

Tubuh kuat terhadap sentuhan, tanpa ada tanda-tanda stress seperti panting, tanggap dan tertarik pada kondisi lingkungan, respon terhadap suara, konfirmasi normal dari kaki, tidak ada merah pada kaki, tidak ada bengkak, tidak ada luka kulit, paruh normal, tidak lembek dan kuku kuat.

Untuk mendapatkan DOC kualitas baik perlu penanganan mulai dari telur selama di hatchery:

Cara Menghasilkan DOC Broiler Kualitas Baik

Grading Telur
Tujuan grading yakni untuk mendapatkan telur kualitas baik dengan beberapa cara:

  •  Afkir dan buang telur tidak sesuai standar untuk di tetas. Telur tidak standar yakni kotor, retak, kecil, sangat besar atau double yolk, kerabang jelek.
  • Simpan telur secara hati-hati ke dalam setter tray atau tray transportasi dimana ujung yang tumpul berada di atas.
  • Hati-hati selama proses grading, selama awal produksi periksa berat dan seleksi hatching egg.
  • Simpan pada ruang terpisah dimana temperature dan kelembaban dikontrol.
  • Jaga ruang penanganan telur dalam keadaan bersih dan nyaman.
  • Kontrol kutu di ruangan telur dengan cara memisah atau tolak telur kotor dan buggy dari hatchery.

Perhatikan juga berikut ini, jika tidak paham abaikan saja

Fumigasi Telur
Tujuan fumigasi yakni menghilangkan atau mengurangi kontaminan menempel pada permukaan telur agar tidak terjadi penetrasi dalam telur baik jamur maupun bakteri. Fumigasi dilakukan harus sesuai dengan dosis dibutuhkan, contoh : single, double, dan seterusnya.

Penyimpanan Telur
Menyimpan dan koleksi telur agar sesuai dengan kebutuhan mesin atau permintaan dengan menjaga kualitas telur tetas dengan kondisi ideal sesuai lama penyimpanan.

Mekanisme yang menyebabkan turunnya hasil penyimpanan adalah sampai hari ini masih belum jelas, umumnya diketahui bahwa tingginya albumen menurun dan pH albumen meningkat selama penyimpanan.

Umur induk
Dimana terdapat pilihan, telur dari induk muda harus disimpan dibanding yang tua.

Suhu penyimpanan
Setelah oviposisi, suhu dalam telur secara bertahap turun dibawah fisiological zero yaitu suhu minimum dimana embrio akan tumbuh kalau suhunya diatas fisiological zero.

Ketika telur di setting disimpan sampai 3 hari suhu harus 18-210 C. Dengan periode penyimpanan 4-7 hari, telur harus disimpan antara 15-180 C. Ketika penyimpanan sampai 7 hari suhu harus 10-120 C.

Turning telur
Penelitian telah mengungkap bahwa kuning telur dapat memperbaiki hatchability setelah penyimpanan preinkubasi. Metode ini hanya berguna untuk penyimpanan yang lama, hasil terbaru (2002) menggunakan telur ross 308 mengindikasikan bahwa turning telur 4 kali perhari dibutuhkan untuk periode penyimpanan 7 hari.

Perlakuan preinkubasi
Penelitian telah mengindikasikan bahwa prewarming yang segera sebelum memulai inkubasi dapat mengurangi turunnya hatchability setelah penyimpanan. Selama periode prewarming ini komponen suhu bervariasi pada telur menjadi homogen sebelum awal inkubasi.

Dalam penelitian ini, telur di hangatkan pada suhu 20-250 C untuk beberapa jam (5-16 jam) sebelum inkubasi. Bagaimanapun, dampaknya hanya akan tampak setelah penyimpanan yang lama. (lebih dari 14 hari).

Posisi telur
Penyimpanan telur yang disimpan dengan posisi runcing. Dengan cara ini posisi sentral kuning telur terjaga selama penyimpanan. Posisi ini, embrio terlihat lebih terlindung dari dehidrasi dan adhesi dimana hasilnya lebih baik dalam bertahan selama penyimpanan.

Perlakuan pre warming di farm
Pemanasan sederhana telur segera setelah ovoposisi sebelum penyimpanan menunjukan mengurangi hilangnya hatchability yang disebabkan penyimpanan.

Menghasilkan DOC broiler kualitas baik merupakan salah satu tips sukses ternak ayam broiler. Untuk tips yang lain baca disini, Tips sukses ternak ayam broiler.

sumber:Sandi Galih Purnama, S.Pt., Hatchery Manager. CV Intan Jaya Abadi, Sukabumi Jawa Barat.

This Post Has 3 Comments

  1. saya mau pesan telur ayam boiler untuk ditetaskan.
    ada tidak pak?

  2. boleh pesan telur yg khusus ditetaskan?

Tinggalkan Balasan

Close Menu