Home » Budidaya » Buah dan Sayur » Cara Budidaya Mangga Manalagi Arumanis golek dll

Cara Budidaya Mangga Manalagi Arumanis golek dll

Cara budidaya mangga manalagi, mangga arumanis, golek dan beberapa jenis mangga lain bisa menggunakan cara dibawah ini. Bisa juga digunakan sebagai pedoman cara menanam mangga gedong, cengkir, kweni, kemang.

Secara umum sebetulnya cara budidaya mangga tidak jauh beda, walau dari jenis mangga berbeda.

Menurut beberapa sumber mangga berasal dari India, menyebar ke beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunei dan termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah banyak sentra perkebunan mangga.

Walau begitu kebutuhan mangga tidak terpenuhi untuk pasar lokal atau mancanegara. Terutama dari segi kualitas dan ketersediaan sepanjang musim. Maka dari itu peluang bisnis budidaya mangga masih terbuka lebar.

Kebun Budidaya Mangga

Agar bisa bersaing pada bisnis perkebunan mangga perlu meningkatkan kualitas. Meningkatkan kualitas yaitu dengan cara budidaya mangga yang baik mulai dari menanam sampai panen, pemilihan bibit dan penanganan hama penyakit.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan menanam mangga agar dapat hasil maksimal, berbuah banyak seperti pedoman berikut:

Lahan Yang Cocok Untuk Budidaya Mangga

Memilih tempat untuk budidaya mangga merupakan langkah awal pekerjaan. Pohon mangga tumbuh baik pada daerah dengan ketinggian 50 m dpl sampai 300 m dpl. Ketinggian antara 50 sampai dengan 300 meter dari permukaan laut cocok untuk tanaman mangga.

Walaupun begitu mangga juga bisa tumbuh pada dataran rendah yaitu dibawah 50 meter dari permukaan laut.

Jadi jika ingin paling ideal budidaya mangga cari daerah ketinggian antara 50 – 300 m dari permukaan laut.

Iklim Yang Cocok Untuk Budidaya Mangga

Budidaya mangga paling cocok pada daerah iklim dengan musim kering selama 3 bulan. Mangga kurang baik pada daerah dengan iklim yang selalu basah sepanjang tahun.

Musim kering diperlukan oleh tanaman mangga sebelum dan sewaktu berbunga. Saat berbunga musim panas diperlukan agar bunga tidak rontok supaya berbuah banyak.

Tapi jika mangga ditanam pada daerah basah, tanaman mendapat banyak serangan hama dan penyakit. Selain itu banyak terjadi gugur bunga atau rontok buah pada musim hujan.

Menurut beberapa sumber mangga yang ditanam pada dataran rendah dan menengah, yaitu daerah ketinggian antara 0 sampai 500 meter dari permukaan laut menghasilkan buah lebih banyak dan berkualitas baik dari mangga yang di tanam pada dataran tinggi.

Media Tanam Budidaya Mangga

Media tanam untuk budidaya mangga yang baik adalah jenis tanah gembur mengandung pasir dan lempung dengan komposisi seimbang.

Kalau diukur derajat keasaman tanah pH tanah yang baik untuk budidaya mangga adalah 5,5 sampai 7,5. Jika pH tanah di bawah 5,5 sebaiknya diberi kapur dulu dengan dolomit.

Jenis Mangga Nilai Ekonomis Tinggi

Agar sukses bisnis budidaya mangga perlu tahu mangga dengan nilai jual tinggi dan banyak di cari. Kita bisa survey ke daerah setempat masing-masing di pasar, mangga jenis apa yang disukai oleh masyarakat setempat.

Menurut beberapa sumber jenis mangga bernilai ekonomis tinggi di Indonesia adalah Mangga Arumanis 143, Mangga Gadung 21, Mangga Manalagi 69, Talijiwo, Chokanan dan Mangga Golek 31.

Petani bisa menanam salah satu jenis mangga diatas atau sesuaikan dengan permintaan pasar setempat.

Cara Persiapan Lahan Budidaya Mangga

Setelah dapat lahan yang cocok untuk budidaya mangga baru mulai mempersiapkan lahan tanam.

1. Buat lubang tanam satu atau dua bulan sebelum tanam
2. Ukuran lubang 1m x 1m x 1m
3. Jarak lubang (jarak tanam) 6m x 8m
4. Dua minggu sebelum pelaksanaan tanam, tanah galian dimasukkan kembali ke dalam lubang tanam setelah di campur pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Agar lebih optimal lagi siram dengan SUPERNASA (0,5 sdm / + 5 lt air/pohon).

Cara Menanam Mangga

1. Usahakan menanam pohon mangga di awal musim hujan
2. Sebelum ditanam, kantong plastik bibit mangga dilepas
3. Kedalaman tanam antara 15-20 cm diatas leher akar
4. Tanah disekitar tanaman ditekan ke arah tanaman agar tidak roboh
5. Tanaman mangga diberi naungan dengan posisi miring ke barat dan selanjutnya selang beberapa hari kurangi sedikit demi sedikit

Cara Pemupukan Mangga

Pupuk Kandang (PK) diberikan 1 kali pada awal musim hujan. Caranya dibenamkan di sekitar pohon selebar tajuk tanaman yaitu dengan cara menggali lubang pada sisi tanaman.

Mangga umur 1 – 5 tahun diberi 30 kg PK, umur 6 – 15 tahun diberi 60 kg PK.

Cara Pemangkasan Mangga

Pada budidaya mangga dikenal dengan pemangkasan 3 tahap yaitu:

Pemangkasan tahap I

Mangga umur 1 tahun setelah tanam pada musim hujan, potong batang setinggi 50 – 60 cm dari permukaan tanah. Jika bibit sambungan pemotongan di atas bidang sambungan. Dari cabang yang tumbuh pelihara 3 cabang dengan arah menyebar ke segala arah, cabang lain di potong.

Pemangkasan tahap II

Pangkas pada ketiga cabang yang tumbuh setelah mangga umur 2 tahun, caranya menyisakan 1 – 2 ruas. Tunas yang tumbuh pada masing-masing cabang dipelihara 3 tunas, jika lebih dibuang. Tahapan pemangkasan ini akan diperoleh pohon dengan rumus cabang 1- 3 – 9.

Pemangkasan tahap III

Pada umur 3 tahun, pangkas ke sembilan cabang seperti pemangkasan tahap II, tapi tunas yang tumbuh dipelihara semua untuk produksi buah.

Pemangkasan Produksi Pada Budidaya Mangga

Pemangkasan produksi pada budidaya mangga yaitu berguna untuk memelihara tanaman. Pemangkasan produksi dilaksanakan segera setelah panen.

Cabang yang dipangkas adalah:
1. Cabang yang mati atau kering
2. Cabang yang tumbuh ke dalam
3. Cabang bawah
4. Cabang air yaitu cabang muda yang tidak akan menghasilkan buah

Pendangiran Budidaya Mangga

Pendangiran budidaya mangga dilakukan 2 kali dalam setahun yaitu pada awal dan akhir musim hujan. Pendangiran yaitu membalik tanah (pembumbunan) pada sekitar tanaman agar patogen yang ada dalam tanah mati.

Pengendalian Gulma Pohon Mangga

Pengendalian gulma adalah membuang lumut atau semak-semak lain yang mengganggu sekitar kebun. Membersihkan gulma dilakukan setiap saat ada tanaman lain tumbuh atau minimal 3 kali dalam setahun.

Pupuk Pada Budidaya Mangga

Induksi Bunga

Pupuk mangga untuk merangsang pembuangan bisa menggunakan Pupuk Organik Padat SUPER NASA. Pemakaian sesuai dosis 1-2 sendok/pohon dicampur 10 liter air. Siram secara merata di bawah pohon.

Pupuk Bunga dan Buah Mangga

Pupuk buah dan bunga dapat menggunakan monokalsium Phospat (MKP) sebelum bud break dan pada saat bud break atau bud elongation dengan dosis 2,5 gr/liter.

Pupuk bunga dan buah dapat dilakukan 4 tahapan yaitu:
1. Pada saat bud break
2. Pada saat bud elongation
3. Mango size
4. Marble size

Secara umum mengenai pemberian pupuk mangga seperti diatas. Oleh karena penjelasan mengenai pupuk mangga agak panjang maka kalau ingin lebih jelas pada artikel kami yang lain.

Hama dan Penyakit Mangga

Cara budidaya mangga manalagi, mangga arumanis atau jenis mangga lain perlu pengendalian hama dan penyakit.

Penyakit mangga yang sering menyerang yaitu Cendawan Jelaga, Antraknose, Diplodia Mangga,Blendok Mangga, Bercak Karat Merah, Penyakit Gleosporium dan lain-lain.

Penyakit mangga tersebut sangat berbahasa harus cepat diatasi.

Hama yang sering menyerang mangga adalah Kutu Putih, Jamur Upas, Ulat Penggerek Pucuk, Bisul Daun Mangga, Hama Thrips, Hama Ulat Phylotroctis sp, Hama Ulat Buah Seed Borer, Noorda albizonalis, Wereng, Lalat Buah, Kepik mangga, Bubuk buah mangga, Tungau Mangga, Kelelawar atau Codot

Emang hama penyakit mangga banyak sekali, tapi jangan khawatir, tidak semua hama tersebut menyerang sekaligus. Perlu diingat kita harus cepat mengenali hama apa yang menyerang, atau penyakit apa yang penyebab mangga tidak produktif.

Mengenai hama dan penyakit beserta cara pengendaliannya kami sajikan secara lengkap pada artikel berikut ini

baca: 13 Hama dan 7 Penyakit Mangga Beserta Cara Pengendaliannya

Panen dan Pasca Panen Mangga

Panen dilakukan pada umur + 97 hari setelah bunga mekar. Panen Mangga dilakukan pada jam 09.00 – 16.00 WIB dengan menyisakan tangkai buah sekitar 0,5 – 1 cm.

Demikian cara menanam mangga manalagi arumanis golek dan beberapa jenis lain  .

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.