Cara usaha budidaya cacing sutra sangat mudah, gampang banget. Cacing sutra untuk pakan ikan air tawar. Cacing sutra merupakan salah satu pakan favorit ikan, terutama ikan air tawar. Cacing sutra ini memiliki kandungan gizi dan protein tinggi, sehingga mampu mempercepat pertumbuhan ikan.

Harga cacing relatif stabil dari waktu ke waktu, ini juga yang membuat usaha budidaya cacing sutra mempunyai prospek bagus. Cacing sutra mempunyai pangsa pasar terutama dari petani atau peternak ikan, sebagian lagi dari para pemancing. Para mancing mania makin hari makin banyak jumlahnya, ini menjadi peluang untuk memasok cacing sutra.

Hal lain yang menjadi daya tarik budidaya cacing sutra adalah cara budidaya dan perawatan relatif mudah, jadi tunggu apalagi mari mulai budidaya cacing sutra.

Budidaya Cacing Sutra

 

Persiapan kolam budidaya cacing sutra

Persiapkan kolam sesuai dengan luas area yang ada. Untuk ideal sebaiknya 1 m x 2 m. Setiap kolam harus mempunyai banyak endapan lumpur halus dan dilengkapi dengan saluran masuk dan keluar air. Setiap kubangan lumpur dibuat petakan kecil ukuran 20 cm x 20 cm tinggi 10 cm.

Lahan diberi dedak halus dan pupuk kandang sudah dijemur selama 6 jam. Siapkan juga bakteri EM4 untuk fermentasi pupuk kandang. Fermentasi penting berguna untuk menaikkan kandungan N-organik dan C-organik dua kali lipat. Hasil fermentasi yang telah bercampur lumpur akan menjadi pakan cacing. Selama fermentasi lahan direndam air setinggi 5 cm selama empat hari.

Lalu bagian atas endapan air dibuang atau diturunkan mencapai 5 cm – 10 cm dari permukaan lumpur.

Lumpur diratakan dengan serok kayu dan biarkan selama beberapa hari hingga lumpur halus dalam kolam banyak. Jaga kolam terhindar dari pemangsa dan hama cacing.

Setelah kolam siap, alirkan air dengan debit 2 – 5 liter / detik.

Bibit cacing sutra

Taburkan induk cacing sutra 2 – 3 liter ke dalam kolam. Bibit cacing dapat dibeli di peternak atau beli di pasar.

Selain endapan lumpur cacing sutra juga diberi makanan setiap hari, dapat diberikan ampas tahu atau kotoran ayam.

Untuk menjaga hama cacing juga harus jauh dari anak kodok suka memakan cacing

Cara panen cacing sutra

  1. Panen pertama dimulai dari cacing berumur 75 hari, untuk panen berikutnya dapat dipanen setiap 15 hari. Jadi panen terus nih asyik juga ya budidaya cacing sutra.
  2. Panen dilakukan pagi atau sore hari dengan cara menaikkan tinggi permukaan air sampai 60 cm.

Demikian cara usaha budidaya cacing sutra. Selain cara diatas ada juga yang membudidayakan cacing sutra memanfaatkan bekas kolam ikan lele, mau tahu caranya baca budidaya cacing sutra menggunakan kolam lele. Semoga membantu dengan kedua cara tersebut, salam.

This Post Has 2 Comments

  1. mantap, tapi masih perlu pembelajaran biar bisa dapat hasil yang maksimal

Tinggalkan Balasan

Close Menu