Ini dia Burung kicau yang mudah perawatan nya dan masih sangat populer dan mudah mudahan juga gampang dicari ditempat Agan-Agan sekalian. Kalau ada yang tertarik merawat burung kicau baik untuk dipelihara dirumah atau suatu saat nanti ingin di bawah ke arena lomba lebih baik mulai dulu dari burung yang perawatan nya mudah.

Bagi yang masih pemula ini sedikit info burung yang enak kicau nya dan mudah perawatan dan dari segi harga tidak terlalu mahal.

Burung Kenari

 

1. KENARI

Burung Kenari adalah burung kicau nan cantik dengan variasi warna yang banyak. Suara kicau terdengar mendayu-dayu sangat merdu sekali. Maka dari itu Kenari adalah salah satu burung banyak penggemar baik untuk dipelihara di rumah maupun untuk lomba.

Cara perawatan kenari tidak terlalu sulit sehingga hampir setiap penggemar kicau mania pernah memelihara burung ini. Dari segi harga juga tidak terlalu mahal. Jadi cocok bagi Agan agan yang baru ingin mencoba pelihara burung kicau.

Burung Pleci

 

2. PLECI (KACA MATA)

Sangat mudah mengenali Burung Pleci. Burung dengan tubuh kecil mempunyai warna hijau lumut dan kuning. Seputar mata di kelilingi warna putih seperti sedang memakai kaca mata bulat, maka dari itu burung ini sering disebut juga dengan Pleci Kaca Mata.

Pleci juga termasuk burung yang mempunyai lantunan nada kicau merdu. Sering kali mengeluarkan suara ciew ciew ciew dalam nada rendah maupun tinggi.

Pleci juga termasuk yang mudah perawatan dan makanannya juga mudah didapat seperti buah buahan dan boleh juga sedikit voer.

Burung ini juga bisa menjadi pilihan Andari dipelihara dirumah sebelum mulai memelihara burung lain yang rada agak sulit perawatan nya seperti Murai atau Kacer.

Burung Ciblek

 

3. CIBLEK

Ciblek termasuk burung dengan postur kecil dengan warna bulu coklat tua, mempunyai ekor lebih panjang. Panjang burung ini sekitar 13 cm, warna bulu dominan coklat dengan ciri khas keputihan pada perut.

Kicau Ciblek mempunyai khas tersendiri sehingga banyak penggemar yang suka burung ini. Mempunyai kicau melengking nyaring dengan nada tinggi. Burung jantan lebih lebih aktif berkicau dari betina., makanya kalau untuk di pelihara usahakan pilih yang jantan. Burung ini banyak juga di lombakan.

Perawatan Ciblek tergolong mudah, jadi cocok juga bagi yang baru mau merawat burung kicau. Agar lebih gacor harus rajin menjemur dan selalu dengarkan suara masteran.

Burung Pentet

 

4. PENTET / CENDET / PLENTET

Ada beberapa nama disematkan pada burung kicau yang satu ini, ada yang menyebut Pentet, Cendet, Plentet. Burung ini mempunyai bentuk badan sedikit unik dengan kepala agak besar. Mempunyai variasi warna putih, hitam, coklat  kadang sedikit warna abu-abu,

Pentet mempunyai suara kicau lantang dan indah juga dapat meniru beberapa burung kicau lain. Hal inilah yang menjadi kelebihan Burung Pentet sehingga semakin banyak penggemar kicau mania yang suka.

Dari segi perawatan juga tidak perlu khawatir, karena Pendet termasuk burung mudah dan tidak sulit pola perawatan hariannya. Kelebihan lain adalah Burung Cendet memiliki keunggulan seperti dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan karena burung ini bisa dengan mudah jinak pada penangkar. Burung ini juga bisa dijadikan pilihan bagi yang baru ingin memelihara burung kicau diantara sekian banyak burung kicau lain.

Burung Gelatik

 

5. BURUNG GELATIK

Burung ini juga termasuk kecil. Ada bermacam warna seperti abu-abu kebiruan, hitam putih, coklat tergantung jenis. Ada beberapa pilihan jenis yaitu gelatik batu, gelatik jawa, gelatik silver, dan beberapa jenis lain Ane ngak paham semua Gan.

Mempunyai kicau merdu melengking, yang pasti enak di dengar. Gelatik kadang oleh para hobiis burung kicau juga dijadikan masteran seperti untuk burung kacer dan lainnya.

Perawatan burung ini juga tergolong mudah, jadi cocok untuk yang baru mau memelihara burung kicau.

Burung Lovebird

 

6. LOVE BIRD

Lovebird mempunyai tubuh kecil dengan warna bulu yang cantik. Terdiri dari variasi beragam warna yang cerah seperti merah kuning hijau biru. Burung ini sangat cantik kalau dilihat  dari segi warnanya. Kicau mania sudah tidak asing lagi dengan burung yang satu ini, hampir semua penggemar burung kicau mengenal burung ini dan mungkin pernah memeliharanya.

Suara Burung Lovebird juga sangat merdu, dengan ciri khas ngekek panjang nya. Burung ini juga sering dilombakan. Dari segi perawatan Lovebird termasuk mudah, jadi sangat cocok jika Andari ingin merawat burung ini.

Burung Cucak Jenggot

 

7. CUCAK JENGGOT

Cucak Jenggot mempunyai tampilan sedikit unik dari burung kicau lainnya, mempunyai jenggot dibawah paruhnya layaknya seperti orang tua dan diatas kepalanya mempunyai jambul. Dari segi warna dominasi warna coklat seperti kepala sayap dan ekor. Sedangkan jenggot bawah leher warna putih, semakin ke perut warna kuning.

Kicau Cucak Jenggot termasuk bersuara merdu dan mempunyai kelebihan bisa diisi dengan burung kicau lain. Dari segi perawatan Cucak Jenggot tidak begitu berbeda dengan burung lain termasuk yang mudah. Oleh karena itu bisa menjadi pilihan bagi yang baru ingin merawat burung kicau di rumah masing masing.

Demikian tadi beberapa pilihan burung kicau yang dapat menjadi alternative peliharaan rawatan dirumah. Sebenarnya masih banyak burung kicau yang lain yang bersuara merdu kalau sudah gacor seperti Murai batu, Cucak Ijo. Cucak Rowo dan lain-lain, tapi selain harganya mahal perawat sedikit merepotkan. Selain yang diatas Ane belum tahu Gan, mungkin kedepan akan ditambah lagi kalau sudah dapat informasi baru. Demikian aja Gan semoga dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Close Menu