Kacer tidak gampang mbagong, ciri-cirinya burung agak lincah / kesit tidak terlalu jinak dan tidak perlu dimainkan pakai tangan. Sebaiknya perawatan kacer jangan terlalu berlebih.

Inilah Tips Perawatan Kacer Agar Tidak Gampang Mbagong

1. Kondisi Perawatan Harian

Kalau kacer suka diberi fooding jangkrik 10 pagi 10 sore, kalau sudah kemakan ya sudah. Tapi emang sayang juga sih burung kenceng ngak ada musuh.

2. Kondisi Perawatan Saat Lomba

Pada kondisi ini burung harus betul-betul prima di lapangan. Kalau biasanya burung diberi 10 fooding jangkrik 2 kali sehari maka menunya bertambah menjadi 2 kal lipatnya yaitu 20 pagi sore dan itu harus ditambah 5 lagi sebelum turun ke lapangan kontes hal ini akan membuat kacer menjadi kenceng. Dengan catatan dalam kondisi normal perawatan dan full kerodong.

Cara lain mengatasi kacer mbangong

yaitu dengan cara kembalikan ke suasana alam :
1. Menjauhkan dari burung-burung lain yang sedang gacor.
2. Dimasukan kekandang umbaran dibuat dasarnya langsung ketanah, kurung umbaran dibuat dari strimin, dan dibuat seperti alami.
3. Kalau tidak mempunyai tempat umbaran cukup full kerodong saja termasuk posisi penjemuran.
4. Tempat bak mandi diberi pasir yang sudah dicuci bersih, supaya seperti alami dan jaga kebersihan.
5. Selama penyembuhan jangan dikasih ef cukup pur saja.
6. Dalam pemberian pada minuman tetap selalu diberikan vitamin, supaya kondisinya tetap prima.

Semua itu dilakukan selama 1 bulan, dan setelah itu baru diberikan lagi dengan cara sedikit demi sedikit sampai pada posisi maksimal selama 1 bulan. Setelah yakin siap lomba baru burung di ikutkan lomba. Begitu seterusnya dilakukan perawatan kacer jadi juarahttp://solution-u.blogspot.com

Kacer Betina

Tinggalkan Balasan

Close Menu