Cara Optimasi SEO Website agar Menjadi Top Rank di Google

cara optimasi seo website

SEO adalah teknik yang dapat digunakan untuk membuat website dan blog Anda tetap relevan terhadap keyword-keyword tertentu yang dicari oleh user melalui search engine. Tidak hanya menerapkan keywords saja, namun Anda juga perlu melakukan optimasi SEO. Cara optimasi SEO website dapat membantu meningkatkan konten yang telah Anda rilis agar tetap mudah ditemukan dan dibaca oleh user.

Pengertian SEO

pengertian seo

SEO (Search Engine Optimization) adalah proses yang secara berkelanjutan untuk meningkatkan peringkat organik dari website anda di search engine, seperti di Google dan Bing. Cara optimasi SEO sangat penting bagi seorang marketer karena dapat membantu website Anda mudah ditemukan dan user dapat menemukan produk atau jasa Anda dengan cepat.

Dalam pengaplikasiannya, cara optimasi SEO dibagi menjadi dua jenis, yaitu cara optimasi SEO on page dan cara optimasi SEO off page. Keduanya memiliki cara yang berbeda dalam mengoptimasi SEO website Anda.

Perbedaan Optimasi SEO On Page dan SEO Off Page

perbedaan optimasi seo on page dan off page

Optimasi SEO on page adalah implementasi proses optimasi konten di webpage untuk search engine. Dalam tingkatan yang lebih lanjut, SEO on page memiliki tujuan untuk membantu search engine memahami seperti apa halaman website Anda.

Cara optimasi SEO on page berfokus pada faktor-faktor ada terdapat di dalam konten. Sederhananya, cara optimasi SEO on page dapat disebut sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas dari konten sehingga konten yang telah Anda buat dapat mudah ditemukan dan dibaca oleh user.

Sementara itu, cara optimasi SEO off page adalah cara optimasi dengan memanfaatkan backlinks untuk membantu SEO untuk memahami website mana yang memiliki otoritas. Hal ini berarti backlinks berfungsi sebagai votes of confidence untuk search engine. Nah, penggunaan backlinks ini dapat meningkatkan otoritas dari website Anda.

Faktor Penting Google Ranking

faktor penting google ranking

SEO bisa berubah dengan cepat yang dapat membuat pengguna strategi SEO turut berubah-ubah juga. Sebab SEO sangat kuat kaitannya dengan algoritma Google, dan untuk membuat suatu strategi SEO harus memperhatikan 3 faktor penting pe-ranking-an Google di bawah ini.

1. Relevansi

Google hanya akan menampilkan hasil pencarian yang paling relevan kepada user. Google masih memperhatikan keberadaan beberapa keyword yang spesifik pada halaman website Anda, tetapi pada dasarnya hanya akan membaca sebuah artikel dan memahami topik yang dibicarakan oleh artikel tersebut. Dengan begitu, Google bisa memberikan hasil yang relevan yang kemungkinan tidak mengandung keyword yang persis dicari oleh user.

2. Authority

Authority adalah cara yang dilakukan oleh Google untuk mencari website mana yang merupakan website terpercaya. Google sebagian besar menggunakan backlinks yang mengarahkan ke halaman untuk menentukan otoritas dari sebuah website. Dapat disimpulkan bahwa semakin banyak backlinks yang ada pada halaman website Anda, maka semakin Google mempercayai bahwa halaman website Anda adalah yang paling terpercaya.

3. Kualitas Konten

Google akan mempertimbangkan halaman website memiliki konten yang berkualitas bukan berdasarkan penulisan yang bagus, tetapi berdasarkan pada search intent.  Misalnya, sebuah halaman website akan lebih dianggap berkualitas oleh Google dan mencapai peringkat pertama jika dalam halaman tersebut menyediakan informasi-informasi yang menarik, bukan hanya niche saja. Halaman website yang menyediakan kualitas konten seperti itu akan lebih unggul daripada halaman website yang hanya memberikan konten standar dan tidak memberikan informasi yang dicari oleh user.

Cara Optimasi SEO Website

cara optimasi seo website

Berikut ini merupakan cara optimasi seo website:

1. Membuat Judul dan Konten yang Menarik

Langkah pertama dalam optimasi SEO website dapat di mulai dengan judul dan konten yang menarik. Untuk membuat judul yang lebih menarik dan sesuai SEO maka harus melakukan riset keyword.

Riset keyword yaitu upaya mencari topik yang tengah banyak dicari oleh pengguna. Ada beberapa cara penting yang dapat menandakan sebuah konten yang berkualitas SEO adalah sebagai berikut:

Menempatkan fokus keyword pada 100 kata pertama, bahkan lebih baik lagi jika ada pada kalimat pembuka.

Panjang konten sebaiknya lebih dari 500 kata

Buat struktur konten berbentuk listicle atau subheading

Letak keyword pada subheading dan sebar secara merata pada isi konten.

Buat konten yang berisikan tentang informasi yang berkualitas dan sebaiknya konsisten membahas topik yang sama untuk satu website.

Buatlah konten dengan cara di atas, lalu mulai masuk pada halaman CMS website. Dan mulailah melakukan teknik optimasi SEO website lainnya seperti memasukkan internal link, backlink, tombol share, dan lainnya.

2. Optimasi SEO Gambar yang Relevan dengan Topik

Gambar merupakan komponen yang sangat penting dan wajib ada ketika anda membuat konten untuk website. Ingat, gunakan gambar yang relevan dan pada deskripsi dan alt gambar harus memuat keyword.

Selain itu, ukuran gambar juga mempengaruhi SEO website. Jika ukuran gambar terlalu besar atau kecil, maka mesin pencari akan menangkap dan berpendapat konten tidak berkualitas.

Pada umumnya ukuran kebanyakan untuk gambar pada konten adalah 700 * 350 pixel. Tambahkan satu atau beberapa gambar untuk membuat pembaca nyaman. Terutama jika konten bersifat informatif, maka pembaca lebih nyaman jika ada gambar yang turut menjelaskan topik konten kamu.

3. Sisipkan Internal Link

Langkah selanjutnya adalah mendapatkan topik lain yang sekilas dibahas dalam konten anda. Kemudian letakkan dalam topik tersebut link yang akan mengarahkan pembaca pada halaman konten lainnya. Dengan begitu pembaca bisa menikmati isi konten anda yang lain dan traffic.

Internal link juga menjadi teknik SEO website yang sangat penting. Mesin pencari cenderung lebih percaya dengan konten yang mempunyai beberapa internal link. Semacam tanda bahwa website memang produktif dalam menghasilkan karya.

Akan lebih bagus lagi jika memasukkan backlink sebagai tambahan. Namun, sebaiknya gunakan link dari website yang sudah memiliki nama atau popularitas di mesin pencari.

4. Perhatikan Kecepatan Loading Website

Ada juga yang menjelaskan peran penting dalam mengatur halaman website dengan tools dan tema sederhana. Ini karena penggunaan tema dan tools ataupun plugin yang berlebihaan dapat mempengaruhi kecepatan website.

Jika mesin pencari mendeteksi bahwa website memiliki sistem loading yang lambat, maka akan sulit untuk menempatkan situs pada posisi halaman teratas. Google sendiri memiliki batas toleransi loading yang menjadi acuan untuk algoritma SEO mereka.

Kecepatan loading website yang dapat ditoleransi oleh mesin pencari seperti Google adalah di bawah lima detik. Lalu, apa saja sebenarnya faktor yang membuat loading website lambat?

Pertama, optimasi SEO website pada dasarnya adalah pendekatan untuk membuat halaman website yang sederhana. Jadi, mesin pencari tidak suka dengan tampilan dan penggunaan tools yang berlebihan. Misalnya menyertakan terlalu banyak iklan, pilihan hosting yang lambat, menggunakan tema yang berat, serta adanya database berukuran besar.

Untuk mengatasinya tentu saja dengan membatasi penggunaan tools dan plugin di atas. Selektif dalam penggunaan plugin, gunakan yang benar-benar hanya dibutuhkan dan dapat menunjang kualitas konten.

5. Tambahkan Tampilan Share ke Media Lain

Menambahkan tampilan share bisa meningkatkan engagement website. Menu share pada halaman konten dapat dijadikan sebagai komponen untuk membangun interaksi dengan pembaca.

Kenapa tampilan menu share penting untuk SEO website? Selain untuk menunjukan pada mesin pencari bahwa konten kamu berkualitas. Tampilan menu share juga bisa menjadi media marketing agar pembaca dengan sukarela membagikan konten kamu.

Cara optimasi SEO dengan menampilan menu share dapat menggunakan plugin share seperti dari AddToAny dan MasShare. Plugin tersebut ada yang berbayar dan ada yang gratis juga.

6. Sederhanakan Permalink

Setelah optimasi isi konten dan tampilan halaman website selesai. Selanjutnya adalah melakukan penyederhanaan permalink. Permalink adalah adalah penilaian utama optimasi SEO yang tidak boleh dilewatkan.

Bagaimana cara optimasi SEO website agar permalink menjadi sederhana? Pertama yang mengganti permalink defult dari website. Ganti keterangan judul dengan kalimat singkat dan wajib menyertakan keyword.

Dengan menyertakan keyword pada permalink maka Google bisa mengenali topik konten kamu. Ibaratnya permalink merupakan gerbang pembuka bagi mesin pencari untuk menjaring ketentu SEO website lainnya.

Oleh karena itu, permalink penting sekali untuk diperbaiki sesuai dengan standar SEO. Tips ini juga sudah dibagikan dalam buku Most Wanted Tips of SEO pada bagian SEO off-page.

7. Atur link Agar Membuka Tab Baru

Langkah selanjutnya adalah mengatur setting konten agar menampilkan pada halaman baru. Mungkin hal ini jarang menjadi perhatian para pengembang website. Namun, mengatur agar setting link terbuka pada halaman baru adalah upaya untuk membuat pembaca nyaman.

Mesin pencari juga bisa mengenali upaya tersebut, sehingga lebih bisa mempercayai situs kamu agar tampil pada halaman top rank Google. Selain itu, jika tidak menyertakan settingan ini website kamu akan rentan mengalami bounce rate.

8. Menyusun Konten untuk Featured Snippets

Featured snippet adalah kolom besar yang muncul pada bagian teratas hasil pencarian Google (biasanya berada di atas halaman website peringkat pertama). Untuk bisa berada pada featured snippets, Anda perlu memformat konten Anda dengan benar.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah gunakan subheading untuk menjelaskan setiap bagian dari konten Anda. Pastikan setiap subheading menggunakan tag H yang sama (H2, H3, H4, dan seterusnya).

9. Membuat Konten dengan KD yang Rendah

Agar halaman website Anda tetap bisa mudah ditemukan, Anda perlu membuat konten dengan KD (keyword difficulty) yang rendah. Hal ini dikarenakan kemungkinan konten yang dibuat menjadi terlalu kompetitif yang menyebabkan konten Anda sulit ditemukan.

Anda bisa memanfaatkan PAA (People Also Ask) untuk menemukan keywords lainnya yang berkaitan dengan topik konten Anda. Dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam PAA, hal tersebut dapat membantu mengoptimasi halaman Anda.

10. Mengoptimasi Menggunakan Long-Tail Keywords

Istilah long-tail keywords adalah istilah yang merujuk pada keywords yang tidak banyak dicari oleh user secara individual, namun membuat persentase yang tinggi dari jumlah keywords yang dicari oleh user dalam skala besar.

Penggunaan long-tail keywords sangat cocok digunakan bagi website dari bisnis kecil karena hal ini dapat membantu bisnis Anda untuk muncul di hasil pencarian utama.

Dari penjelasan cara optimasi SEO website di atas, kesimpulannya yaitu maksimalkanlah setiap komponen Search Engine Optimization. Bisa disederhanakan dengan mengelompokkannya jadi SEO On Page dan SEO Off Page.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *